+ -

Pages

Selasa, 04 Oktober 2011

Prinsip-prinsip Good Governance


salah satu rasa keingintahuan saya memuncak ketika melihat sebuah tautan yang dikirimkan seorang kawand di wall grupnya. tautan itu tak lain adalah tentang prinsip-prinsip terciptanya sebuah pemerintahan yang baik. sudah lama saya ingin mengetahuinya hanya saja terkadang rasa ingin tahu itu seringkali tidak muncul ketika sudah berada di depan google. berhubung sekarang rasa ingin tahu itu muncul, agar tak terlupa lagi saya pun langsung membuka tautannya yang berasal dari webnya mas achmad daniri. dan kini saya pun mengcopynya ke blog ini dalam upaya memperluas kepahaman kita sebagai warga negara meskipun kita bukan para politisi yang selalu berpuisi seolah-olah mengurus negeri padahal hanya memperebutkan kursi. selamat menikmati artikelnya dan semoga bermanfaat. n_n

Prinsip-prinsip Good Governance
By: daniri

Prinsip-prinsip good governance pada dasarnya mengandung nilai yang bersifat obyektif dan universal yang menjadi acuan dalam menentukan tolok ukur atau indikator dan ciri-ciri/karekteristik penyelenggaraan pemerintahan negara yang baik. Prinsip-prinsip good governance dalam praktek penyelenggaraan Negara dituangkan dalam … 7 (tujuh) asas-asas umum penyelenggaraan negara sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme. Dalam hubungan ini, kata prinsip mempunyai makna yang sama dengan asas, karena asas dan/atau prinsip pada hakekatnya merupakan awal suatu kebenaran yang menjadi pokok dasar tujuan berpikir, berpendapat, dan bertindak. Asas-asas umum penyelenggaraan negara meliputi :

Asas Kepastian Hukum
adalah asas dalam negara hukum yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan, kepatutan, dan keadilan dalam setiap kebijakan Penyelenggara Negara.

Asas Tertib Penyelenggaraan Negara
adalah asas yang menjadi landasan keteraturan, keserasian, dan keseimbangan, dalam pengendalian Penyelenggara Negara.

Asas Kepentingan Umum
adalah asas yang mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif.

Asas Keterbukaan
adalah asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif, tentang penyelenggaraan negara dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia negara.

Asas Proporsionalitas
adalah asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban Penyelenggara Negara.

Asas Profesionalitas
adalah asas yang mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Asas Akuntabilitas
adalah asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan Penyelenggara Negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/_lqE826i51qk/SUVO2Aa_rdI/AAAAAAAACdo/Wc0B2mjPvq4/S1600-R/good-gov.jpg

5 Meraih Mimpi: Prinsip-prinsip Good Governance salah satu rasa keingintahuan saya memuncak ketika melihat sebuah tautan yang dikirimkan seorang ka...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

< >